22.5.11

ada apa dengan facebook

well... dari kemaren saya mengomentari status teman-teman saya dan juga tak lupa update status saya sendiri. dari yang iseng asal pencet keyboard hingga yang serius dan curhat abis ngeluarin uneg-uneg dengan haraban tidak ada yang tersinggung dengan uneg-uneg tersebut... kadang juga pengen tambah temen dengan nge-add beberapa teman yang saya jumpai baik teman yang disaranin oleh temen dari temen juga maupun oleh (mungkin) admin facebook sendiri dengan alasan memiliki keterkaitan psikologis untuk menjalin pertemanan... tekns for all yang telah menyempatkan diri membacanya dengan setulus hati...
dikir pikir sudah lama saya menggunakan fasilitas jejaring sosial ini dan mendapatkan manfaat batin tersendiri bagi saya... ternyata baru sekarang saya berfikir seperti itu... oh malangnya aku...
sebenarnya aku mo nulis apa ya... (kok malah bingung)

sip dah... ngelap kaca monitor dulu, kok masih terlihat kabur ya...

jaringan perteman yang terdapat dalam facebook adalah upaya untuk melahirkan jaringan-jaringan baru dalam komunitas dunia maya dalam banyak hal. katakanlah kita umpamakan pada komunitas sastrawan. jaman dahulu kala komunitas sastrawan (atau penulis sastra) hanya mengenal pribadi penulisnya melalui karya yang ia buat. komunikasi yang lebih inten akan terjalin dengan usaha yang tidak bisa dibilang mudah. kita (penikmat sastra) perlu mengeluarkan sejumlah pengorbanan mengirimi mereka (penulis sastra) surat dengan harapan mendapatkan tanggapan positif dari orang tersebut. facebook hadir dengan kemudahan dan cara interaksi yang efektif untuk menjembatani antar orang tersebut sehingga seseorang akan lebih mudah mengenal orang lain untuk menjalin pertemanan.
di lain sisi facebook hadir dengan media aktualisasi diri di mana "kita" dapat mudah dimengerti oleh orang lain. sebelum ada facebook, orang melakukan aktualisasi diri dengan menggunakan media cetak seperti koran, majalah, buku dan lain sebagainya. sedangkan media elektronik menggunakan radio telefisi, film dan di dunia internet ada blog dan web. tapi itu sulit dijangkau. sedangkan blog tentu perlu banyak pengorbanan untuk itu... dengan facebook kita tinggal membuat halaman, menambah teman yang banyak dan akhirnya sesuatu yang kita miliki bisa dibaca oleh orang lain.
bagi beberapa kalangan mungkin facebook bisa dimanfaatkan sebagai media promosi. kita bisa beriklan ria baik iklan berbayar dengan budget yang kita miliki maupun iklan gratisan alias cuap-cuap. tapi apapun itu selama tidak ada intimidasi ato merugikan pihak orang lain sah-sah saja.dan masih banyak lagi yang terdapat di balik facebook.

intinya dengan banyak teman akan semakin banyak kesempatan untuk bisa berbagi, saling memberikan manfaat bagi orang lain dan berbuat lebih untuk hal yang bermanfaat...
harapan saya facebook semoga semakin bermanfaat bagi semua orang sehingga dapat mempertemukan orang yang lama tak bertemu serta mempertemukan orang-orang yang memiliki kepentingan yang sama...

jika anda berkenan add saya di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar